Rabu, 11 Maret 2015

Masalah pokok ekonomi



Masalah pokok ekonomi adalah bagaimana caranya manusia dapat mencukupi kebutuhannya untuk mencapai kemakmuran sementara alat pemuas kebutuhan jumlahnya tidak sepadan dengan barang/jasa yang dibutuhkan. Untuk mengatasi masalah kelangkaan ini diperlukan perilaku berkonsumsi yang rasional dengan membuat skala prioritas dari berbagai macam kebutuhan.
Dalam upaya memenuhi kebutuhan terdapat dua aliran ;
1. Menurut Aliran Klasik
Menurut aliran klasik, guna mencukupi kebutuhannya maka dilakukan 3 kegiatan yang sampai sekarang masih berlangsung, yaitu :
a. Kegiatan Produksi
Yaitu kegiatan menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang/jasa sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia.
Produksi dapat dibedakan :
Produksi langsung
  • Yaitu memproses bahan mentah menjadi barang jadi, dan barang siap dikonsumsi
Produksi tidak langsung
  • Yaitu memproses lebih lanjut barang yang telah mengalami proses produksi sebelumnya, atau dengan kata lain memproses kembali barang setengah jadi hingga siap dikonsumsi. Misalnya proses produksi kapas sampai menjadi baju, mengalami beberapa tahap produksi.
b. Kegiatan Distribusi
  • Yaitu semua kegiatan yang meliputi sejak barang selesai diproduksi sampai barang di tangan konsumen akhir. Kegiatan distribusi tidak hanya mengangkut barang dari pabrik ke konsumen, juga termasuk dalam kegiatan distribusi adalah pengepakan, penyimpanan, transportasi, asuransi, dan yang lainnya.
c. Kegiatan Konsumsi
  • Yaitu kegiatan memanfaatkan atau menghabiskan barang/jasa atau nilai guna suatu hasil produksi guna memenuhi kebutuhan secara langsung. Konsumsi ada yang langsung habis (makanan dan minuman) ada pula yang habis dalam jangka waktu tertentu. Contohnya sepatu, akan habis nilai gunanya setelah beberapa waktu digunakan.
2. Menurut Aliran Modern
Sementara menurut aliran modern, ketiga kegiatan tersebut lebih disempurnakan terutama pada kegiatan produksi. Sehingga menurut aliran modern masalah pokok ekonomi bagi masyarakat moderan adalah :
a. Barang/jasa apa yang akan diproduksi (What)
Pertanyaan ini berkaitan dengan jenis dan jumlah barang yang akan diproduksi. Produsen harus melakukan survey dan perhitungan yang cermat sebelum melakukan produksi. Hal ini penting agar barang yang diproduksi disukai dan habis di pasar. Karena jika tidak, hasil produksi tidak disukai dan tidak laku. Akibatnya produsen menderita kerugian.
b. Bagaimana (How)
Pertanyaan ini berkaitan dengan teknik produksi serta kemampuan produsen dalam mengkombinasikan setiap faktor produksi dicari komposisi yang tepat sehingga terjadi efisiensi dan efektivitas produksi.
c. Untuk siapa (For whom)
Untuk siapa barang diproduksi? Survey sekali lagi memegeng peranan penting. Karena produsen harus tahu selera serta daya beli pasar. Agar barang diterima di pasar maka harus memproduksi beberapa jenis atau tipe barang seseuai pangsa pasar yang menjadi konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar